Bank Indonesia: Transaksi Modal dan Finansial Surplus USD 4,2 M

Jakarta – Bank Indonesia mengumumkan transaksi modal dan finansial pada triwulan III 2018 mencatat surplus US$ 4,2 miliar. Surplus tersebut, menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman, didukung oleh meningkatnya aliran masuk investasi langsung ke dalam negeri.

“Itu cerminan masih tingginya kepercayaan investor terhadap prospek perekonomian domestik,” ujar Agusman dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Jumat, 9 November 2018. 

Selain didukung peningkatan aliran masuk investasi langsung, Agusman mengatakan aliran dana asing pada instrumen Surat Berharga Negara dan pinjaman luar negeri korporasi juga kembali meningkat. 

 

Kendati ada surplus transaksi modal dan finansial, namun hal tersebut belum cukup untuk membiayai defisit transaksi berjalan pada triwulan III 2018. Pada periode itu, defisit transaksi berjalan pada triwulan III 2018 menjadi US$ 8,8 miliar atau 3,37 persen dari Produk Domestik Bruto.

Dampaknya, kata Agusman, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan III 2018 mengalami defisit sebesar US$ 4,4 miliar.

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1144780/bank-indonesia-transaksi-modal-dan-finansial-surplus-usd-42-m/full&view=ok