Kesalahan yang Sering Dilakukan Keluarga dalam Mengelola Uang

Jakarta – Menerima gaji adalah hal yang menyenangkan. Rasa menyenangkan itu tak hanya dialami pendatang baru di dunia kerja, seperti anak muda yang telah lulus kuliah, namun juga orang dewasa yang telah berkeluarga. Sayangnya, banyak dari mereka yang terlena dengan pendapatannya. Bahkan, mereka menghambur-hamburkan uang tersebut untuk kesenangan yang sementara.

CEO Zap Finance, Prita Ghozie, dalam acara Financial Journey pun menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, dalam mengelola uang, hal nomor satu yang harus diprioritaskan adalah menyisihkannya untuk tempat tinggal. “Banyak orang yang terlalu santai dan berpikir dengan pendek. Sehingga mereka memilih untuk tinggal di kos, kontrakan atau tetap bersama orang tua,” katanya pada 9 Maret 2019.

Padahal menurut Prita, hal tersebut salah. Memprioritaskan rumah adalah hal yang sangat penting karena itu adalah sebuah aset yang dapat digadaikan atau dijual saat sedang membutuhkan. Serta, rumah juga dapat menjadi bekal bagi orang tua yang nantinya dapat diwariskan untuk keturunan selanjutnya. “Harga rumah pasti naik. Jadi dibandingkan dengan membeli baju dan hp baru, lebih baik gunakan uang Anda untuk membeli investasi yang dapat memberi dampak positif di kemudian hari,” katanya.

sumber: https://gaya.tempo.co/read/1183480/kesalahan-yang-sering-dilakukan-keluarga-dalam-mengelola-uang/full&view=ok